10 Tips Memompa ASI Perah

tips memompa ASI
Untuk dijaman sekarang ini banyak wanita berkarir walau mereka sudah berkeluarga. Tidak sedikit juga para ibu yang baru saja melahirkan anak di beberapa bulan kedepan sudah kembali beraktifitas dalam pekerjaan mereka. Tapi bagaimana pun juga pemberian ASI ekslusif untuk bayi sangatlah penting karena sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.
Disela kesibukan pekerjaan, para ibu masih dapat memberikan ASI ekslusif kepada bayi nya dengan cara menyediakan stok ASI. Pemberian ASI ekslusif dapat dilakukan dengan memompa ASI atau sering disebut dengan ASI perah. Terkadang ibu menyusui sering kali mengeluhkan cara memompa ASI yang kurang optimal sehingga ASI perah hanya menghasilkan sedikit. Jika saja para ibu mau terus berlatih memompa ASI yang baik dan benar maka akan terbiasa untuk memompa ASI dan menghasilkan ASI perah yang banyak. Untuk mendapatkan hasil ASI perah yang banyak, diperlukan juga teknik memompa ASI yang baik dan benar. Beberapa tips dari JALANJA untuk cara memompa ASI dengan istilah yang sering disebut dengan Breast Feeding.
  1. Tentukan jadwal rutin untuk memompa ASI disela aktivitas anda
    Dengan menciptakan rutinitas memompa ASI secara efektif, ibu menyusui dapat memompa ASI ditempat yang sama. Contohnya pada ruangan yang sudah anda pilih disela – sela aktifitas kantor dan anda juga sudah siapkan peralatan yang sudah anda siapkan. Buatlah tubuh anda senyaman mungkin dan minum cukup air putih sebelum memulai proses memompa dilakukan.
  2. Lakukan pemijatan dalam beberapa menit sebelum memompa ASI
    Dimulai pada bagian ketiak dengan menggunakan ujung jari tangan secara berlawanan arah. Anda dapat membuat lingkaran kecil disekitar jaringan payudara pada satu tempat, kemudian pindahkan tangan anda sedikit demi sedikit dan lakukan ulang pada bagian lainnya.Anda dapat mulai pada sekitar payudara secara bertahap kearah areola dalam pola spiral, kemudian pijat juga pada bagian payudara lainnya. Jika aliran ASI melambat selama proses memompa, anda dapat mengulang pijatan kembali beberapa menit. Ini adalah cara terbaik yang dapat dilakukan sehingga ASI perah dapat terkumpul dengan banyak.
    Diawalnya kebanyakan ibu menyusui akan mengalami kesusahan dalam memompa ASI, tapi jika terus dilatih maka akan jadi terbiasa.
  3. Tenangkan pikiran anda dan rileks
    Hilangkan semua pikiran yang mengganggu anda selama proses memompa ASI berlangsung, karena jika terburu – buru memerah ASI dan mengalami tekanan maka akan cenderung kesulitan dalam mengeluarkan ASI perah.
  4. Bawa perlengkapan bayi anda
    Dengan melihat bahkan mencium aroma khas bayi anda pada baju atau perlengkapan bayi anda dapat membantu tubuh anda lebih rileks dan nyaman selama proses memompa ASI. Ambilah baju atau perlengkapan bayi yang mengingatkan anda kepada bayi anda sehingga anda tidak berpikir sedang memompa ASI melainkan memberikan ASI secara langsung.
  5. Mendengarkan music
    Dengan mendengarkan musik favorit anda dapat meminimalkan gangguan saat memompa ASI. Suara alam atau musik klasik dapat membuat anda rileks. Aroma terapi juga dapat membantu anda tenang dan rileks.
     
  6. Memompa ASI lebih sering untuk merangsang produksi ASI
    Tidak sedikit juga para ibu menyusui menghasilkan ASI yang sedikit walau dibantu dengan cara memompa ASI. Dengan cara tetap menyusui langsung ke bayi atau memompa ASI, jika dilatih terus menerus dan sesering mungkin maka anda akan terbiasa dan hasil produksi ASI pun bisa meningkat.
  7. Gunakan pakaian yang nyaman untuk payudara
    Gunakan pakaian yang mendukung untuk mendapatkan kenyaman dalam proses memompa ASI. Coba kenakan atasan longgar yang dapat ditarik kebawah atau kenakan atasan yang berkancing. Untuk menjaga baju anda tetap bersih, anda dapat bersandar saat proses memompa. Hal ini akan mencegah ASI menetes pada pakaian anda.
  8. Cari posisi memompa yang nyaman
    Coba untuk bersandar ke meja (atau meja yang mempunyai sandaran pompa). Gunakan tepi furnitur dan satu tangan memegang pompa di payudara anda. Anda juga dapat gunakan tumpuan bantal atau buku untuk meningkatkan lutut, sehingga anda dapat menahan botol susu di dalam pangkuan anda.
  9. Perbaiki cara memompa ASI
    Jika anda menggunakan alat pemompa ASI pastikan alat sudah di posisi yang benar. Coba ikuti petunjuk pemakaian alat pemompa ASI yang tertera untuk memudahkan proses memompa. Anda dapat menggunakan alat pompa ASI yang membantu mengurangi rasa sakit ketika memompa ASI. Pastikan bahwa puting tidak bergesekan dengan flange saat proses memompa.
  10. Gunakan dua pompa ASI
    Anda juga dapat menggunakan kedua payudara anda untuk memompa ASI secara bersamaan. Kadar prolaktin dalam darah juga lebih tinggi ketika anda memompa kedua payudara anda secara bersamaan. Pompa listrik yang berkualitas adalah yang terbaik dan termudah untuk double pompa.
Salah satu produk pompa listrik yang berkualitas dan memudahkan anda dalam memompa ASI adalah YOUHA Electrical Breast Pump yang tersedia di JALANJA.
Pompa ASI ini memiliki kelebihan antara lain, dapat memijat daerah payudara selama dua menit sebelum memompa ASI, memiliki layar LCD untuk mempermudah pengaturan daya pompa dan waktu memompa. Selain itu breastpump elektrik ini juga dapat dicas ulang melalui USB di komputer / laptop serta powerbank
Anda dapat melakukan proses order dengan mendaftarkan diri anda menjadi member di JALANJA dan anda akan mendapatkan keuntungan potongan harga. Pastikan juga anda mengajak rekan anda untuk bergabung menjadi member di JALANJA karena anda akan mendapatkan keuntungan lebih banyak lagi dari JALANJA.