Sari Buah dan Air Putih

konsumsi jus buah dan air putih

Haruskan kita memberikan sari buah kepada bayi?

Bayi usia dibawah 6 bulan belum waktunya untuk diberikan sari buah, kita dapat memberikan sari buah setelah usia meraka diatas 6 bulan. Berikan kepada mereka sari buah yang 100% murni, disajikan menggunakan mangkuk dan jangan menggunakan botol.

Atur konsumsi sari buah bayi anda, yaitu sebanyak 400gr dalam sehari dan bisa diselingi dengan makanan utama ataupun makanan selingan. Jika melebihi takaran tersebut, maka dikhawatirkan akan mengurangi nafsu makannya terhadap makanan utama yang lain, seperti susu ASI atau dan susu formula.
Terlalu banyak sari buah juga dapat memicu ruam popok, diare atau kelebihan berat badan.
Berikan juga air putih kepada bayi anda jika mereka merasa haus di sela-sela jadwal makannya, minum ASI ataupun minum susu formula. Pada masa musim panas atau kemarau, berikan dua kali atau lebih air putih dalam sehari untuk menghindari bayi anda kekurangan cairan. Bila anda tinggal di daerah yang airnya
mengandung flouride, maka dengan mengkonsumsi air putih yang cukup dapat mencegah kerusakan gigi.

Apakah bayi anda membutuhkan air?

Bayi-bayi yang sehat tidak memerlukan tambahan air putih yang banyak. Cairan dapat mereka dapatkan dari ASI dan susu formula. Namun ketika bayi anda sudah mulai mengkonsumsi makanan padat, air putih dapat dimasukan dalam daftar diet bayi anda.