Tanda-tanda bahwa bayi alergi terhadap susu formula

alergi susu formula

Alergi makanan yang paling umum atau sensitivitas pada bayi adalah protein susu sapi, ditemukan di sebagian besar susu formula. Dan sekitar setengah dari bayi yang sensitif terhadap Susu sapi juga sensitif terhadap susu formula berbasis kedelai.

Beberapa yang paling jelas tanda-tanda sensitivitas ini termasuk ruam, gatal-gatal, eksim (kering, bersisik patch dari kulit, terutama di sekitar dahi), dan muntah.

Kita juga perlu sadar akan gejala-gejala awal alergi jenis ini, salah satunya bisa terlihat jelas saat pertama kali memberikan susu atau setelah selesai susu tersebut dikonsumsi oleh bayi, seperti rewel dan menangis dalam waktu yang lama dan  terlihat tidak begitu nyaman.

Gejala lainnya adalah seperti kotoran yang mengeras atau justru encer ketika buang air besar. Bayi anda juga mungkin akan gumoh lebih banyak dari biasanya.

Untuk mengurangi tingkat alergi adalah dengan memberikan ASI ekslusif selama minimal enam bulan pertama.

Jika keluarga anda memiliki riwayat alergi, segera cari informasi dengan pasangan anda bagaimana dulu orang tua mereka memberikan asupan nutrisi pangganti susu formula.

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter atau lembaga kesehatan bayi dan anak tentang cara penanganan yang terbaik dari gejala alergi tersebut dan juga konsultasikan dengan mereka sebelum mengganti ke jenis susu formula yang lain.