Tips Memilih Susu Formula Bayi

tips memilih susu formula

Bila pada tahap perawaan bayi anda menitikberatkan pada popok dan perlengkapan sanitary lainnya, mungkin anda juga perlu memperhatikan alternatif susu formula sebagai pengganti Air Susu Ibu (ASI).

Dokter, bidan dan para ahli dibidangnya lebih menyarankan semua ibu-ibu untuk menyusui bayinya karena itulah  sumber nutrisi yang terbaik. Tapi jika Anda tidak dapat menyusui setiap saat atau bahkan tidak bisa sama sekali, maka ibu dapat mencoba membeli dulu secukupnya untuk kebutuhan susu formula selama satu atau dua minggu.

Dengan demikian anda bisa menilai apakah bayi anda menyukai susu formula yang dibeli atau tidak sebelum anda memutuskan untuk membeli dalam jumlah banyak.

Meskipun susu formula tidak mengandung semua nutrisi yang ada di dalam ASI,
Namun susu formula mengandung beberapa vitamin dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh bayi, seperti juga kalori.

Susu Formula Dari Susu Sapi Atau Kedelai

Dokter anak dan para ahli lainnya pasti menganjurkan susu formula yang terbaik bagi buah hati anda. Rata-rata mereka menyarankan bayi anda untuk meminum susu formula yang bahan dasarnya adalah susu sapi.

 Jika bayi anda memiliki alergi susu yang terbuat dari susu sapi, dokter mungkin menyarankan formula yang terbuat dari kedelai.

Beberapa susu formula juga mengandung probiotik , bakteri yang “baik” yang hidup dalam usus dan menjaganya agar usus tetap sehat. Probiotik yang sama didapat oleh bayi yang mengkonsumsi ASI.

 

Selain itu susu formula juga mengandung prebiotik, yaitu karbohidrat yang membantu bakteri baik tinggal dan tumbuh dalam usus bayi Anda. Sebaiknya konsultasikah dengan dokter anda mengenai zat atau nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh bayi anda.

 

Zat besi untuk Bayi

Pilih produk yang diperkaya dengan zat besi. The American Academy of Pediatrics merekomendasikan bahwa semua bayi yang tidak diberi ASI harus mendapatkan susu formula dengan besi sampai mereka berusia 1 tahun .Ini membantu mencegah anemia, yang kadar zat besi yang rendah dalam darah mereka. Kecuali bila tidak dianjurkan oleh dokter karena hal tertentu.

Anjuran Dalam Cara Mempersiapkan Susu Formula

  • Cuci tangan anda terlebih dahulu hingga bersih, sebelum mempersiapkan susu formula yang akan kita berikan ke bayi anda agar terjaga kebersihannya.
  • Gunakan air matang ataupun air putih kemasan, perhatikan juga pengukuran bubuk / konsentrat cair susu mineral ketika mencampurnya dengan air.
  • Jangan gunakan Microwave untuk menghangatkan susu mineral, karena panasnya tidak merata. Lebih baik gunakan wadah yang berisi air hangat dan untuk menghangatkannya selama beberapa menit.
  • Miringkan botol susu ke atas sampai dot terisi penuh untuk mencegah bayi anda menelan udara yang ada di dalamnya.
  • Susu formula harus diminum dalam jangka waktu satu jam setelah penyajian. Jika tidak habis dalam satu jam maka sisanya harus dibuang. Setelah itu anda bisa membuat lagi yang baru dan dimasukkan ke lemari pendingin untuk persiapan selanjutnya.
  • Konsultasikan ke dokter atau bidan anda seberapa banyak bayi anda harus mengkonsumsi susu formula. Hal ini tergantung dari umur dan berat badan bayi.
  • Jika bayi anda sering muntah-muntah dan diare setelah mengkonsumsi susu formula atau berat badan si kecil tidak juga bertambah, segera konsultasikan kepada dokter atau bidan untuk alternatif pengganti susu yang cocok buat buah hati anda.